KKL VIRTUAL EKOLOGI TUMBUHAN : Riset dan Peran Ekologi Tumbuhan (Vegetasi) dalam Upaya Konservasi DAS dan Mitigasi Bencana di Indonesia

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNS

Pada hari Rabu, 30 Juni 2021 Program studi Pendidikan Biologi mengadakan Kuliah Kerja Lapangan Virtual untuk mata kuliah Ekologi Tumbuhan dengan tema “Riset dan Peran Ekologi Tumbuhan (Vegetasi) dalam Upaya Konservasi DAS dan Mitigasi Bencana di Indonesia”. Kuliah umum KKL Virtual menghadirkan narasumber ahli dalam bidang Ekologi dan Konservasi Sumber Daya Hutan, Ibu Susi Abdiyani, S. Hut., M. Env.Mgmt. dari instansi Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pengelolan Daerah Aliran Sungai (BPPTDAS/BALITEKNAS).

Kuliah umum KKL Virtual ini diikuti oleh mahasiswa program studi Pendidikan Biologi secara umum, dan khususnya angkatan 2018. Kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa program permata merdeka (misal dari UNIPMA Madiun) yang mengambil mata kuliah Ekologi Tumbuhan. Jumlah peserta kegiatan ini adalah 98 peserta.

Materi yang disampaikan oleh narasumber antara lain vegetasi memiliki peran penting dalam mitigasi bencana. Contohnya pada bencana banjir, vegetasi berperan dalam mengurangi aliran permukaan dan memperlambat kecepatan banjir. Pada bencana kebakaran hutan dan lahan, vegetasi tumbuhan memberikan peran dalam menjadi daerah penyangga dan menekan kecepatan angin. Indonesia sebagai negara beriklim tropis, memiliki banyak tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai agen untuk menanggulangi pencemaran lingkungan. Sebagai contoh, beberapa tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai penjerat sumber eutrofikasi nitrogen adalah Ampelas, Mangsi, Cangkrung, Bunga Kuning, dan Elo. Tumbuhan-tumbuhan ini memiliki karakteristik dapat bertahan dalam kondisi kering ataupun tergenang.

Ibu Susi juga mengatakan bahwa hal-hal yang dapat dilakukan mahasiswa dalam upaya konservasi tumbuhan di Daerah Aliran Sungai (DAS) dari penerapan ilmu ekologi tumbuhan adalah dengan menanam pohon, mendokumentasikan tumbuhan, mempelajari dan mengidentifikasi nilai-nilai, dan mengenalkan kepada generasi dibawah kita. Selain itu, mahasiswa memiliki peluang riset yang luas pada bidang ekologi dan konservasi, antara lain pada bidang spesies yang toleran terhadap panas, riset mengenai bioindikator, riset spesies tumbuhan yang toleran terhadap kekeringan lahan, dan pada bidang bioremediasi. Diharapkan dengan kuliah umum ini, mahasiswa dapat termotivasi dan memiliki kontribusi yang baik dalam bidang Ekologi dan Konservasi.

 

Ig : @biologifkipuns

Website : https//biologi.fkip.uns.ac.id/

Youtube : Pend Biologi FKIP UNS

Email : biologi@fkip.uns.ac.id

Facebook : PBioGr33n

 

Leave A Comment