ONMIPA PT (Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi 2022 diselenggarakan di Universitas Brawijaya Malang pada 19-22 September 2022. ONMIPA merupakan kegiatan yang diselenggarakan Puspresnas, terdiri dari 4 bidang perlombaan, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Pada Tahun 2022, UNS mengirimkan 9 delegasi mahasiswa/i yang berasal dari fakultas MIPA, Kedokteran, Teknik, dan dari FKIP, kali ini Hamida Rahmawati sebagai wakil Prodi Pendidikan Biologi.

Dosen Pembimbing pada kegiatan ONMIPA 2022 diantaranya Bu Dewi Puspitasari, S. Pd., M. Sc. dari FKIP, Bapak Dr. rer. nat. Maulidan Firdaus, S. Si, M. Sc, dan Bapak Supriyadi Wibowo S. Si, M. Si dari FMIPA, beserta official dari komunitas knmipa UNS, mas Afif Z. dan mba Ani Satun Zahro.
Pembimbing materi bidang biologi sendiri terdiri dari Bu Dewi Puspitasari, S. Pd, M. Sc, Bapak Alanindra Saputra S. Pd, M. Sc, Bu Elisa Herawati M. Eng, PhD., dan Bapak Tanjung Ardo S.Si.M. Sc.

Pelaksanaan tes selama 2 hari terdiri dari 4 sesi di gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya. Tes berupa uraian. Setelah tes selesai dan masuk proses penilaian, para peserta dapat menikmati City Tour, dan Wisata ke Gunung Bromo.

Pengumuman dan malam penganugerahan dilaksanakan Kamis, 22 September 2022. Tahun ini UNS berhasil menyabet 2 medali perunggu dan 1 Honorable Mention, masing-masing diperoleh Achmad Nurul Yaqin (Perunggu bidang Kimia), Jonathan Daniel Sulastyo (Perunggu bidang Biologi), dan Zulfi Azam Adiby (HM bidang Kimia).

Selanjutnya, capaian membanggakan ini diharapkan dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Komunitas knmipa UNS biasanya mengadakan RC (Rektor Cup) sebagai seleksi internal sebelum pendelegasian ONMIPA sekitar bulan Februari/ Maret.

ONMIPA merupakan kegiatan berjenjang dan berupa pendelegasian. Dimulai dari tahap seleksi internal UNS (Rektor Cup), lalu diambil 5 besar untuk mewakili UNS ke tingkat wilayah Jawa Tengah. Kemudian, seleksi wilayah, akan diambil 1 peringkat tertinggi setiap wilayah (LLDIKTI) dan dapat juga peringkat di bawahnya yang masih masuk rangking 1-65 paralel nasional pada setiap bidang. Sehingga peserta nasional setiap bidang terdiri dari 65 peserta yang merebutkan 20 penghargaan (3 medali emas, 5 medali perak, 7 medali perunggu, dan 5 Honorable Mention) di setiap bidang.

Onmipa bersifat terbuka dan memiliki manfaat bagi Mahasiswa/i pendidikan Biologi untuk menambah wawasan dan pengalaman belajar sebelum berorientasi menjadi pendidik di masa depan.