Program studi Pendidikan Biologi merupakan salah satu program studi yang bernaung di bawah jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP UNS. Program studi Pendidikan Biologi berasal dari jurusan Ilmu Hayat Fakultas Keguruan dan Ilmu Eksakta (FKIE) IKIP Negeri Surakarta yang berdiri dengan SK Menteri Pendidikan Nasional No. 316/SK.Pet/BRI/66 tertanggal tertanggal 23-1-1966. Pada tahun 1976, melalui SK Presiden No. 5 tahun 1976 tertanggal 1 maret 1976 diresmikan berdirinya Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan IKIP Negeri Surakarta melebur sebagai bagian dari Universitas Sebelas Maret tersebut. Satu tahun kemudian berdasarkan SK Rektor UNS no 4/P.1/000/1977 nama baru untuk Jurusan Ilmu Hayat  diubah menjadi Jurusan Ilmu Biologi. Pada tahun 1982 melalui SK Presiden No. 55 tahun 1982 mengenai peleburan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Fakultas Ilmu Keguruan (FKg) menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 39/DIKTI/ Kep/1984 Jurusan Biologi mengalami perubahan status dan nama menjadi Program Studi Pendidikan Biologi di bawah Jurusan Pendidikan MIPA. Saat ini Jurusan Pendidikan MIPA sudah tidak ada, jadi langsung dibawah FKIP UNS. Prodi Pendidikan Biologi terakreditasi oleh BANPT pada tahun 2019. Berdasarkan SK BANPT Depdiknas No 3190/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019 Prodi Pendidikan Biologi mendapatkan peringkat A (Amat Baik), dengan nilai 375,  yang berlaku mulai 27 Agustus 2019 sampai 27 Agustus 2024. Program studi Pendidikan Biologi beralamat di Gedung D kompleks gedung FKIP Universitas Sebelas Maret Jl. Ir Sutami No 36 A Kentingan, Jebres, Surakarta. Telp. (0271) 646994 fax (0271) 646655.

Program studi Pendidikan Biologi memiliki visi, misi, tujuan dan sasaran yang ditetapkan bersama dengan ketercapaian yang secara rutin dievaluasi. Visi Prodi Pendidikan Biologi adalah Menjadi Program Studi Pengembang Keilmuan Pendidikan Biologi Bereputasi Internasional berdasarkan Nilai Luhur Budaya Nasional. Visi, misi, tujuan dan sasaran yang ditetapkan tersebut dirumuskan, dilaksanakan dan dicapai dengan melibatkan peran (kontribusi) seluruh konstituen di program studi. Upaya penjaminan mutu telah dilaksanakan di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNS merupakan mahasiswa yang memenuhi passing grade dan masuk melalui mekanisme jalur undangan, test bersama, dan jalur test mandiri. Input mahasiswa yang dimiliki oleh program studi Pendidikan Biologi UNS termasuk baik. Jumlah pendaftar hingga tahun terakhir tercatat lebih dari 1800 calon dengan daya tampung yang berkisar pada rerata 80 mahasiswa. Berdasarkan jumlah pendaftar, angka keketatan untuk masuk program studi berkisar pada rerata 1:20 dengan hanya pada kisaran 5% dari pendaftar yang diterima di program studi. Layanan mahasiswa baik akademik maupun non akademik dapat terjamin dengan baik. Layanan non akademik pada tujuh aspek layanan yaitu konseling, minat dan bakat, pembinaan soft skills, Pemberian Beasiswa, Kesehatan, dan kesejahteraan serta mimbar akademik dapat tersedia dan terakses. Layanan berupa kebebasan mimbar akademik dan organisasi juga dapat dinikmati oleh mahasiswa program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Kesempatan berkiprah di Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) BIOSFER, UKM, dan Ektrakurikuler lainnya,  merupakan contoh pemberian kebebasan berorganisasi dan berkiprah sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa. Beberapa sub organisasi minat dan bakat dibawah BIOSFER yaitu Etlo.Id (KS Kewirausahaan), ALBATROS (KS Pengamat Burung), KS Olimpiade, juga merupakan fasilitasi kebebasan berekspresi sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa.

Jumlah total dosen tetap yang dimiliki oleh program studi Pendidikan pada tahun 2021 adalah 24 personel. Kualifikasi dosen tetap Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS menurut jabatan fungsional adalah Guru besar (4 orang), Lektor kepala (6 orang), lektor (9 orang), asisten ahli (2 orang), dan Tenaga Pengajar (3 orang). Kualifikasi menurut jenjang pendidikan adalah S3 (17 orang) dan S2 (7 orang). Tenaga pendukung di Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS berjumlah 2 orang, yaitu : 1 orang Staff Administrasi, dan 1 orang Laboran. Kualitas dosen di program studi diakui secara formal dalam sertifikasi yang disebut Sertifikasi Dosen dilakukan oleh pemerintah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2009. Dosen yang sudah bersertifikasi sebanyak 21 Orang (87,5%). Rasio dosen dibanding mahasiswa sama dengan 1: 15 dapat dianggap ideal berdasarkan rasio yang diatur oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Permendikbud No. 40/2014). Berdasarkan rasio tersebut setiap dosen dapat melaksanakan tugas dengan optimal, yaitu : mengajar: 2-4 mata kuliah/ semester atau maksimal 20 SKS, membimbing skripsi: 3-4 mahasiswa/ semester, membimbing mata kuliah seminar: 3-4 mahasiswa/ semester dan menjadi pembimbing akademik: 7-20 mahasiswa. Prodi Pendidikan Biologi memetakan dan mengelompokkan bidang keahlian dosen menurut kebutuhan kurikulum.

Kurikulum di program studi Pendidikan Biologi telah dikembangkan dengan mengacu pada visi, misi, dan tujuan program studi dan dirumuskan secara prosedural melalui prosedur rekonstruksi yang telah mengakomodasi masukan dari beberapa pihak termasuk alumni dan pengguna. Kurikulum.yang dirumuskan mengandung sejumlah mata kuliah yang terbagi menurut kompetensi utama sebagai penciri prodi serta kompetensi pendukung dan kompetensi lain sebagai penciri fakultas. Masing-masing mata kuliah dalam kelompok kompetensi dapat ditarik relevansinya dengan profil lulusan dan profil kompetensi lulusan. Mata kuliah dalam kelompok kompetensi disusun menurut elemen kompetensi dalam SK Mendiknas No 045/U/2002. Kurikulum yang berjalan di Prodi Pendidikan Biologi untuk semester Februari-Juli 2021, adalah kurikulum 2018 dan kurikulum 2020. Kurikulum 2020 merupakan kurikulum terbaru yang dikembangkan dengan mengikuti kebijakan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, yaitu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Pada Kurikulum MBKM tersebut, mahasiswa dibebaskan mengambil mata kuliah diluar program studi dan diluar kampus UNS.

Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan mengikuti ketentuan rektor UNS SK rektor nomor: 553/H27/PP/2009 tentang pembelajaran berbasis kompetensi dalam kredit semester. Pembelajaran yang dilaksanakan di program studi Pendidikan Biologi telah dilaksanakan berdasarkan perencanaan dan pemantauan menurut SPMI. Pembelajaran telah menerapkan beberapa strategi untuk mencapai pembelajaran bermakna dan didukung oleh sarana penunjang pembelajaran seperti koneksi internet dan LCD di setiap ruangan. perkuliah virtual di dukung dengan langganan ZOOM Meeting yang dapat memfasislitasi kegiatan perkuliahan dan ujian. Pendekatan kontekstual juga telah diterapkan pada beberapa mata kuliah. Selain itu, berdasarkan Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas, yang menerapkan sistem pembelajaran berbasis masalah dan proyek (PBL), serta studi kasus. Aktivitas akademik pembelajaran di program studi Pendidikan Biologi juga telah didukung dengan sarana prasarana dan suasana akademik yang kondusif. Kebebasan mahasiswa untuk beraktualisasi telah dijamin dengan memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk menggeluti bidang prestasi, minat dan bakat. Secara akademik sarana komunikasi ilmiah berupa jurnal internal, langganan jurnal, seminar nasional, seminar internasional, Workshop, dan kuliah dosen tamu juga secara rutin telah terselenggara.

Kegiatan akademik yang berjalan di program studi Pendidikan Biologi telah didukung oleh  dana yang memadai dari RBA, sumber lain (penelitian dan pengabdian) maupun gaji dosen.   Kegiatan akademik yang berlangsung juga telah didukung dengan sarana laboratorium dan ruang kuliah yang memadai serta ruang kerja dosen yang cukup baik dan terkoneksi. Sarana lain berupa ruang baca juga telah tersedia secara memadai dengan koleksi yang cukup memfasilitasi. Kegiatan akademik yang berlangsung di program studi Pendidikan Biologi telah didukung oleh sistem informasi yang baik. Sistem informasi terkomputerkan telah memfasilitasi mahasiswa, dosen dan karyawan untuk dapat beraktivitas sebagaimana tupoksinya.