Fasilitas komputer dan pendukung pembelajaran dan penelitian sudah cukup. Mahasiswa dapat memanfaatkan komputer di UPT TIK.  Komputer (PC) yang tersedia di Prodi Pendidikan Biologi sebanyak 3, Laptop sebanyak 2,  LCD projector sebanyak 8  buah yang bisa dipergunakan untuk kuliah maupun diskusi. UPT TIK UNS menyediakan fasilitas untuk keperluan perkuliahan, praktikum, dan pelatihan, serta self access internet yang menyediakan komputer (50 unit) dan fasilitas wifi gratis untuk akses internet bagi pengunjung.

Fasilitas akses internet yang ada di UNS ditandai dengan adanya SAT (Self Access Terminal) yaitu di UPT TIK UNS. Fasilitas hotspot juga tersedia di Fakultas KIP dan dapat digunakan oleh seluruh civitas academica FKIP UNS. Kapasitas bandwith di UNS sebesar 1,5 Gbps, dengan pembagian masing-masing client hingga 10 Mbps. Sistem informasi Prodi Pendidikan Biologi telah memiliki infrastruktur yang cukup memadai antara lain PC yang terkoneksi jaringan internet sebanyak 4 PC dan hotspot sebanyak 8 titik yang terdistribusi di semua ruang di lingkungan Prodi Pendidikan Biologi.

Adanya sistem informasi yang baik sangat efektif dalam menunjang aktivitas akademik di Prodi Pendidikan Biologi. Segala kegiatan dapat dilakukan dengan lebih efisien. Keterbatasan ruang dan waktu tidak lagi menjadi kendala untuk dapat mengakses sumber informasi dengan memanfaatkan sistem informasi yang ada di tingkat universitas sampai program studi.

UNS telah mengembangkan sistem informasi secara terpadu dengan teknologi online (internet), sehingga keberadaan dan pemanfaatan tidak hanya sebatas intranet. Hasil pengembangan sistem informasi online dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti pengisian kartu rencana studi (KRS), penjadwalan mata kuliah, pengumuman nilai, perpustakaan dan penilaian kinerja dosen. Sistem informasi online juga dimanfaatkan sebagai sarana informasi dan komunikasi yang berhubungan dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat kompetitif misalnya informasi tawaran hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari LPPM, penyerahan proposal secara online, pengumuman penerima hibah dan penyerahan laporan.

Keberadaaan dan pemanfaatan internet sampai pada level program studi. Internet di Prodi Pendidikan Biologi sebanyak 8 titik hotspot yang keberadaaannya dapat dimanfaatkan oleh seluruh civitas academica. Di berbagai tempat di lingkungan kampus Prodi Pendidikan Biologi, jaringan internet melalui hotspot mudah didapatkan. Dengan adanya internet yang sudah memadai di Prodi Pendidikan Biologi, mahasiswa dapat belajar dan mengerjakan tugas-tugasnya dengan lebih mudah. Banyak informasi dan pengisian data dapat dilakukan secara online sehingga segenap civitas academica dapat mengaksesnya dari luar kampus bahkan dari tempat yang jauh, misalnya untuk pengisian KRS mahasiswa. Mahasiswa dapat merencanakan dan mendaftar kuliah tanpa harus datang ke kampus. Untuk kegiatan administratif lebih banyak digunakan internet melalui komputer PC dengan kabel.

Sistem Informasi yang Mendukung Akademik:

  1. Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)
  2. UNS-Open CourseWare (OCW)
  3. Sistem Pembelajaran Daring (SPADA)
  4. Portal Wisuda FKIP UNS
  5. Sistem Menejemen Ruang
  6. Magang Kependidikan (PLP)
  7. E-Jurnal UNS
  8. Prestasi Mahasiswa UNS (SIPSMART)
  9. Sistem Pelayanan Beasiswa (SIBEA)
  10. Sistem Pelayanan Akademik
  11. Produk dan Penelitian
  12. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
  13. Rumah Sakit UNS
  14. Kemahasiswaan UNS
  15. Alumni UNS
  16. Career Development Center (CDC) UNS