Kehidupan Mahasiswa Di Kota Solo

Untuk memudahkan, berikut informasi-informasi yang berguna untuk memahami kehidupan di Solo:

  • Virtual Tour UNS
    Solo merupakan sebuah kota yang dapat tergolong sebagai kota yang tak pernah “mati”. Selalu ada suatu perubahan yang baru pada kota ini, dan hal tersebut dapat menggambarkan kehidupan di Solo. Disisi lain, mengenai biaya hidup di Solo yang relatif murah serta dengan segala kemudahan akses transportasi dapat menjadi daya tarik sendiri untuk menetapkan tinggal di kota berjuluk The Spirit of Java ini.
  • Menuju Solo (Goes to UNS)
    Untuk menuju kampus UNS yang berada di kota Surakarta kamu dapat menempuh perjalanan dari luar kota dengan berbagai ragam transportasi mulai dari pesawat, kereta, hingga bus.Bus : Perjalanan dengan bus dari Jakarta ke Solo umumnya bisa menghabiskan waktu sekitar 10 jam. jika kamu menempuh perjalanan dari daerah di jawa timur kamu dapat menaiki bus tujuan Solo dan turun langsung di depan kampus UNS. Namun jika kamu berasal dari kota lain misal semarang atau jakarta kamu bisa turun di terminal tirtonadi dan kemudian menaiki sarana transportasi lokal untuk menuju ke kampus UNS.Pesawat : Banyak pilihan maskapai yang dapat kamu gunakan untuk menuju ke Solo dari berbagai kota di Indonesia. Umumnya terdapat tiga kali jadwal penerbangan setiap harinya untuk beberapa maskapai yang mempunyai tujuan ke Solo, khususnya ke bandara Adi Soemarmo (SOC). Dari bandara adi sumarmo yang terletak di colomadu kamu dapat menaiki sarana transportasi lokal seperti taxi atau solo batik trans untuk menuju ke kampus UNS.

    Kereta : Bagi anda yang ke Solo menggunakan alat transportasi Kereta Api, Anda bisa turun di Stasiun Purwosari, Jebres maupun Stasiun Balapan dari ketiga stasiun tersebut perjalanan dilanjutkan dengan bus kota jurusan Palur, turun di depan kampus UNS, Kentingan. Untuk mengetahui rute dan jadwal kereta, anda bisa menginstall aplikasi KAI Access (https://kai.id/) pada ponsel anda.

  • Deskripsi Solo oleh CIMSA UNS
    Petualangan Nebo di SoloMenikmati Solo bukan hanya sekadar membahas tentang makanan dan minumannya saja, tetapi banyak acara-acara budaya berkelas internasional digelar memadati pekan di setiap tahunnya. Solo memang tak pernah mati untuk melukiskan kekayaan budaya Jawa. Berdasar berbagai hal tersebutlah, akhirnya memutuskan untuk melanjutkan studi di UNS serta tinggal di Solo merupakan keputusan yang tepat.
  • Akomodasi
    Lokasi UNS yang tidak jauh dari pusat pemerintahan kota Surakarta (Solo) juga akan sangat memudahkan mahasiswa dalam menjangkau pusat pelayanan seperti kantor imigrasi, rumah sakit, pusat kuliner pusat perbelanjaan serta tempat pengisian bahan bakar dan lainnya cukup dekat dengan UNS, sehingga hal-hal tersebut bisa menekan biaya transportasi yang dibutuhkan untuk mencapai tempat-tempat tersebut.Biaya kos/rumah tinggal sementara, harganya cukup bervariasi, biaya sewa untuk Asrama mulai dari harga Rp.150.000/Bulan, sementara biaya kost mulai dari harga Rp 1,5 juta/tahun, umumnya berkisar 3 sampai 4 juta/tahunnya, sesuai dengan fasilitas pendukungnya seperti kamar mandi, Wi-Fi, listrik dan air, jarak kost dengan kampus, lingkungan tempat kost serta kondisi bangunan kost tersebut apakah masih baru atau sudah lama dibangun, untuk harga yang murah biasanya ada pada bangunan yang baru dibangun dan yang sudah lama sekali dibangun.Biaya hidup yang anda butuhkan selama kuliah di UNS dapat dikatakan cukup terjangkau. Pada umumnya pengeluaran untuk biaya hidup mahasiswa hanya sekitar Rp 400.000 – Rp 700.000 per bulannya. Dengan berbekal Rp.5.000 saja kamu sudah bisa mendapatkan makanan yang enak seperti soto atau sop ataupun nasi sayur dan segelas air putih. Berikut list beberapa tempat membeli makanan serta perkiraan biaya sekali kunjungan (makan dan minum) dan pusat perbelanjaan di sekitar kampus UNS. Jika dihitung secara menyeluruh, total biaya hidup yang diperlukan baik untuk transport, uang makan, dan biaya untuk membeli kebutuhan lainnya, listrik, air dan Wi-Fi berkisar pada rentang Rp. 500.000 hingga Rp 1.000.000 rupiah yang dikeluarkan setiap bulannya. Biaya tersebut dapat digolongkan terjangkau jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya.
  • Hiburan
    Kuliah di kota Solo, jantung kebudayaan Jawa, tidaklah cukup hanya menikmati kegiatan akademik kampus. Nikmati juga wisata di sekitar kota ini. Tidak hanya nuansa seni dan budaya yang menyenangkan, tetapi juga atraksi-atraksi yang diselenggarakan di dalamnya. Pun, merasakan kembali perjalanan ke masa lampau dengan kuliner Solo yang tak lekang waktu dan perjalanan sejarahnya.Wisata Pendidikan, Seni, dan BudayaSolo terkenal dengan budaya dan keseniannya. Luangkan waktu dan nikmati pagelaran wayang orang, tarian tradisional, kotemporer, kerajinan keris, wayang kulit, dan gamelan, serta diskusi tentang sastra, puisi, tema kemanusiaan di kota ini. Untuk menikmati itu semua Anda bisa datangi :

    Balai Soedjatmoko; Pasar Barang Antik Triwindu; Sanggar Gamelan; Sanggar Kerajinan Keris; Sanggar Wayang Kulit Bale Agung; Taman Balekambang; Taman Budaya Jawa Tengah; Taman Satwa Taru Jurug; Wayang Orang Sriwedari

    Wisata Sejarah

    Sebuah perjalanan tak akan lengkap tanpa mengetahui sejarah kotanya. Kota Solo telah berdiri lama sejak abad XVI. Nikmati perjalanan ke masa lalu melalui tempat-tempat berikut:

    Alun-alun Utara dan Alun-alun Kidul; Benteng Vastenberg; Kraton Kasunanan; Monumen Pers Solo; Museum Radya Pustaka; Pura Mangkunegaran

    Wisata Kuliner

    Perjalanan kehidupan Anda di Solo terasa kurang sempurna tanpa mencicipi warisan turun temurun kulinernya yang unik dan menarik. Rasakan sedapnya masakan yang tak lekang waktu di kota ini, seperti makanan berikut ini:

    Bakmi Toprak Solo; Cabuk Rambak; Dawet Ayu Pasar Gede; Gempol Pleret; Gudeg Ceker; Intip; Nasi Liwet; ; Pecel Ndeso; Rambak petis; Roti Kecik; Roti Mandarin; Sambel Tumpang; Sate Buntel; Sate Kere; Selat Segar Solo; Serabi Solo; Soto Gading; Soto Triwindu; Area Lapangan Kota Barat; Galabo; Susu Segar; Tahok; Tahu Kupat; Tengkleng; Timlo Solo; Wedang Dongo; Wedang Asle dan Ronde; Wedangan

    Wisata Belanja

    Belum ke Solo jika Anda belum membelanjakan uang Anda untuk mengoleksi berbagai jenis pakaian dengan motif khas Jawa, merchandise, dan berbagai produk kerajinan lainnya. Dapatkan kerajinan khas lainnya di:

    Kampung Batik Kauman; Kampung Batik Laweyan; Ndalem Tjokrosoemartan; Museum Batik Kuno Danar Hadi; Museum Batik Wuryaningratan; Saturday Night Market Ngarsopuro; Pasar Hewan Depok; Pasar Klewer; Pasar Gede; Pasar Barang Antik Triwindu; Pasar Barang Unik Klitikan Notoharjo; Java Craft

  • Komunitas Non-UKM
    Studi di UNS tidak lengkap bila hanya mengikuti rangkaian kegiatan akademik perkuliahan saja. Di sini, terdapat pula berbagai komunitas Non-UKM yang menjadi ajang para mahasiswa untuk bergabung dan saling bertukar pengalaman. Mulai dari komunitas kedaerahan, ilmiah dan penalaran hingga komunitas yang berbagi minat/hobi yang sama.Komunitas-komunitas itu, sebagian di antaranya: Green Movement Community (GMC), AIESEC Expansion UNS, CIMSA UNS, Earth Hour, Student English Forum (SEF), Komunitas Jepang Ichirorenji, Komunitas Sosial Jejak Mimpi Anak Negeri, Komunitas Mahasiswa Boyolali (KMB) UNS, Komunitas Mahasiswa Purworejo (Kompor), Komunitas Mahasiswa Klaten (Coklat), Komunitas Mahasiswa Jadetabek (Jali-Jali), Komunitas Mahasiswa Bogor (Plat F), dan sebagainya.
  • Transportrasi
    Sebagai panduan bagi anda yang ingin singgah ke UNS atau menjelajahi Solo, Pemerintah kota Solo memiliki kendaraan umum yang tersedia untuk publik dan masih dalam masa gratis selama pandemi. Transportasi tersebut berupa bus dan mobil angkot (FEEDER) yang tergabung dalam satu kelompok yaitu BST (Batik Solo Trans) dan untuk rutenya dapat dilihat pada aplikasi “TEMAN BUS” yang dapat dilihat pada webnya (https://temanbus.com/solo/).Bagi anda yang ingin menggunakan taxi dan ojek dapat mencoba jasa layanan tersebut melalui aplikasi yang dapat diinstall pada ponsel anda. Penyedia layanan yang direkomendasikan adalah Go-Jek, Grab dan Maxim, ketiga penyedia jasa tersebut cukup kompeten dan me nyediakan harga yang bersaing serta nikmati banyak promo dari tiap penyedia jasa.
  • Pariwisata Solo
  • Info Kos