PROFIL KOMPETENSI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI ;

1.         Mampu melaksanakan pembelajaran materi bidang studi biologi yang relevan dengan pembelajaran biologi di sekolah menengah dengan pemahaman materi bidang studi yang mumpuni, lulusan harus menguasai konsep-konsep dalam bidang-bidang kajian ilmu biologi yang dibelajarkan di sekolah menengah serta kajian biologi maupun bidang yang relevan yang mendukung penguasaan konsep kebiologian. (kompetensi utama-profesional).

2.         Mampu melaksanakan pembelajaran materi bidang studi biologi secara subject specific paedagogi yang tercermin dalam perencanaan proses pembelajaran bidang studi yang baik, lulusan harus dapat menguasai berbagai pendekatan, strategi, model, metode dan teknik yang bersifat subject specific paedagogi dalam transfer of knowledge di bidang  pendikan biologi dalam karakteristik pembelajaran biologi sebagai IPA (kompetisi utama-pedagogi)

3.         Mampu melaksanakan pembelajaran materi bidang studi biologi secara subject specific paedagogi yang tercermin dalam perencanaan proses pembelajaran bidang studi yang baik, lulusan harus dapat menguasai prinsip dan teknis terkait evaluasi pendidikan  dalam konteks keilmuan pendidikan biologi (kompetensi utama-profesional).

4.         Mampu melaksanakan pembelajaran materi bidang studi biologi secara subject specific paedagogi yang tercermin dalam perencanaan proses pembelajaran bidang studi yang baik, lulusan harus menguasai teori pendidikan, teori belajar dan prinsip-prinsip dalam pembelajaran (kompetensi pendukung-pedagogi).

5.       Memiliki keterampilan melakukan komunikasi efektif terkait dengan proses pendidikan di sekolah menengah lulusan harus memiliki kemampuan sebagai counselor yang mampu memfasilitasi aktualisasi dan pengembangan potensi peserta didik (kompetensi pendukung-profesional).

6.         Mampu merancang rumusan pembelajaran bidang studi biologi untuk sekolah menengah, lulusan harus menguasai proses analisis dan mampu memberikan kajian kritis terkait dengan rumusan kurikulum yang digunakan di Sekolah Menengah (kompetensi utama-profesional).

7.         Mememiliki kemampuan pengembangan diri melalui riset yang relevan dengan permasalahan pengembangan pembelajaran di sekolah menengah, lulusan harus dapat menguasai pendekatan, metode serta teknik penyusunan instrumen pengumpulan data dan analisis data menyangkut berbagai jenis penelitian yang berkaitan dengan biologi dan pendidikan biologi (kompetensi utama-profesional).

8.         Memiliki kemampuan terkait kepemimpinan, bekerjasama dan berkomunikasi dalam berbagai sistem dan tatanan sosial, lulusan harus memiliki kemampuan manajerial efektif, mampu beraktualisasi secara terampil dalam bekerjasama dan memiliki kemampuan menyampaikan gagasan secara terampil (Kompetensi pendukung-kompetensi kepribadian dan sosial).

9.         Unggul dalam kemampuan pemanfaatan TIK untuk menunjang pembelajaran biologi di sekolah menengah, lulusan harus menguasai TIK yang mendasari berlangsungnya proses pembelajaran (kompetensi pendukung-kompetensi profesional).

10.      Memiliki unggul dalam kemampuan penggunaan bahasa Inggris dalam menunjang kegiatan pembelajaran biologi di sekolah menengah, lulusan harus mampu menguasai bahasa Inggris secara aktif ataupun pasif (kompetensi pendukung-kompetensi profesional).

11.      Memiliki integritas moral/akhlak terkait dengan implementasi keilmuan yang dimiliki lulusan harus memiliki mampumemahami realita diri sebagai makhluk religius (homo religius) yang hidup dalam tatanan (etik) sosial dan lingkungan hidup (kompetensi lain-kompetensi kepribadian).

12.      Memiliki jiwa sportif, dinamis dan nasionalis lulusan harus memahami unsur-unsur dalam sportifitas dan mampu memahami konsep-konsep terkait wawasan kebangsaan dengan integritas yang baik (kompetensi lain-kompetensi kepribadian).

13.      Memiliki memiliki jiwa kreatif yang menunjang kemandirian dalam kehidupan social lulusan harus memiliki wawasan dalam kewirausahaan dan wawasan keterampilan yang terkait (kompetensi lain-kompetensi kepribadian).

14.      Memiliki kemampuan untuk orientasi positif dalam kehidupan sosial, lulusan harus memahami peran diri sebagai makhluk sosial dalam beraneka-ragam sistem sosial yang ada di masyarakat (kompetensi  lain-kompetensi kepribadian dan sosial).