Input Content ×

PEDOMAN UNTUK PENULIS

Bioedukasi dan Biopedagogi adalah jurnal dimiliki oleh Penididikan Biologi FKIP UNS. Jurnal Bioedukasi dan Jurnal Biopedagogi akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu murni biologi dan pendidikan biologi. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah kritis dan komprehensif atas isu penting dan terkini atau resensi dari buku ilmiah yang tercakup dalam pembidangan jurnal.

Untuk tujuan rujukan penulisan artikel untuk Jurnal Bioedukasi dan Jurnal Biopedagogi disusun pedoman penulisan artikel yang merupakan acuan bagi para penulis.

Artikel merupakan hasil karya sendiri baik berupa hasil penelitian maupun telaah kritis (review) atas isu-isu terkini dalam bidang ilmu murni biologi maupun bidang pendidikan biologi yang belum dipublikasikan dalam jurnal manapun (pernyataan otentisitas harus disertakan dalam artikel). Artikel dapat dibuat dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Untuk naskah hasil penelitian secara keseluruhan, naskah harus mememuat beberapa bagian yang tidak perlu dirinci dengan nomorisasi. Sistematika tersebut yaitu:

(1)       abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, Abstrak dituliskan menggunakan huruf  Times New Roman 11 pt, spasi tunggal. Usahakan abstrak tidak lebih dari 250 kata. Jika dituliskan dalam bahasa Inggris, nyatakan judul sebagai ABSTRACT.  Hindari penggunaan akronim, singkatan, atau simbol-simbol di dalam abstrak. Abstrak dapat menggambarkan informasi kualitatif dan kuantitatif. Abstrak hendaknya mencantumkan 3-5 kata kunci, demikian halnya dengan abstrak dalam bahasa Inggis, kata kunci dinyatakan dalam bahasa Inggris.

(2)       Pendahuluan merupakan tulisan yang memuat beberapa hal terkait dengan latar belakang. Ditulis dalam kisaran yang tidak melebihi 800 kata atau 2 halaman.

(3)       Metode penelitian mencakup alat, bahan dan hal yang menyangkut teknis penelitian. Dalam penulisannya dapat erdiri dari dua sub judul atau lebih. Sub judul hendaknya ditulis tidak dengan huruf kapital, namun ditebalkan dan dicetak miring (italic).

(4) Pembahasan berupa telaah kritis dan mendalam berdasarkan hasil penelitian dan pisau analisisnya  yaitu review literatur. Dalam penulisannya dapat erdiri dari dua sub judul atau lebih. Sub judul hendaknya ditulis tidak dengan huruf kapital, namun ditebalkan dan dicetak miring (italic). Tabel dan gambar diperbolehkan untuk mendukung hasil penelitian dan pebahasan. Dalam menyajikan data dalam bentuk tabel, gunakan penomoran tabel diikuti oleh tampilan tabel yang dimaksud tanpa adanya jeda. Penomoran tabel tersebut yaitu Tabel 1, Tabel 2, dan seterusnya. Dalam naskah, tabel dapat dibuat di dalam salah satu diantara 2 kolom yang tersedia (bisa dengan font yang diperkecil), atau dibuat memanjang dengan lebar yang meliputi 2 kolom. Untuk setiap tabel yang ditampilkan diberikan titel tabel disertai penjelasan dan diletakkan di atas (sebelum tabel).  Penyajian gambar  juga mengikuti penomoran seperti halnya penomoran pada tabel dengan titel gambar diletakkan setelah penyajian gambar (di bawah gambar).  Gambar hendaknya disajikan dalam format file jpeg, giff atau tiff dan berasal dari gambar asli dengan ukuran pikselasi yang tinggi (paling tidak berukuran 500 dpi). File gambar (jpeg, giff atau  tiff ) yang mendukung artikel dapat disertakan dalam file yang sertakan secara terpisah untuk mempermudah dalam proses penyuntingan gambar.

(5) Kesimpulan, merupakan bagian yang harus ada meskipun secara tersirat maupun tersurat sudah disinggung dalam pembahasan

(6)Daftar pustaka/referensi dibuat dengan disusun berurut secara alfabetis dan mengikuti sistem APA (American Phsychological Association) sebagai berikut:

  • Untuk sitasi buku

Altieri, M. (1987). Agro-ecology The Scientific basis of Alternative Agriculture. West View Press: London.

  • Untuk sitasi jurnal dengan satu atau lebih author

Bebbington, A. (1999). Social Capital Development, and Access to Resources in Highland Ecuador. Economic Geography, Vol. 75, No. 4, 395-418. (Contoh untuk penulisan sitasi dari jurnal)

Borman, W.C., Hanson, M.A., Oppler, S. H., Pulakos, E.D., & White, L.A. (1993). Role of early supervisory experience in supervisor performance. Journal of Applied Psychology, 78, 443- 449.

  • Untuk bagian tulisan yang diedit oleh seseorang

Bjork, R. A. (1989). Retrieval inhibition as an adaptive mechanism in human memory. In H. L. Roediger III & F. I. M. Craik (Eds.), Varieties of memory & consciousness (pp. 309-330). Hillsdale, NJ: Erlbaum.

  • Untuk sitasi dari laporan ataupun thesis

Karyanto, P. (2010). Critical Succes Factors for Sustainable Upland Agriculture in Lawu, Indonesia (unpublished Ph.D Thesis Nothern University of Malaysia: Malaysia).

  • Untuk jurnal yang diperoleh dari internet

VandenBos, G., Knapp, S., & Doe, J. (2001). Role of reference elements in the selection of resources by psychology undergraduates [Electronic version]. Journal of BibliographicResearch, 5, 117-123.

  • Untuk sitasi dari sumber dari internet

Sparre, P., and Venema, S.C. (1998) Introduction to tropical Fishes. http//www.fao.org/docrep/W544679.htm.9/28/2010


Untuk Pengiriman naskah artikel ke redaksi Bioedukasi silakan dikirimkan via e-mail: bioedukasi@fkip.uns.ac.id, sedangkan untuk biopedagogi silakan dikirimkan via e-mail: biopedagogi@fkip.uns.ac.id