PENDAFTARAN MAHASISWA LOKAL

Rekrutmen mahasiswa pada Prodi BBE FKIP UNS mengikuti prosedur yang berlaku di UNS , dilakukan oleh di Unit Pelaksana Teknis Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (UPT. SPMB) UNS. Kebijakan penerimaan mahasiswa baru BBE FKIP UNS dikoordinasikan secara terpusat oleh Universitas di bawah tanggung jawab Rektor. Persyaratan pendaftaran mahasiswa baru telah diatur oleh pihak SPMB UNS. Proses seleksi masuk mahasiswa baru dilakukan melalui beberapa jalur:

a. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Sistem seleksi ini dikhususkan untuk menyeleksi calon mahasiswa pendidikan tinggi negeri dengan menggunakan prestasi akademik calon mahasiswa. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya layak untuk diajukan oleh sekolah untuk masuk perguruan tinggi negeri melalui SNMPTN. Informasi berkaitan dengan SNMPTN dapat dilihat pada http://www.snmptn.ac.id/.

b. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Seleksi ini adalah seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Tes diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Selain ujian tulis, beberapa jurusan juga mewajibkan ujian keterampilan. Informasi berkaitan dengan SBMPTN dapat dilihat pada https://sbmptn.ltmpt.ac.id/

c. Seleksi Mandiri Universitas Sebelas Maret (SM UNS)

SM UNS adalah Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UNS dengan menggunakan beberapa dasar penyeleksian. Seleksi Mandiri UNS (SM-UNS) meliputi:

  1. Seleksi Mandiri Jalur Ujian Tulis UNS (SMJU)
  2. Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SMJK)
  3. Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP)
  4. Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD)
  5. Seleksi Mandiri Jalur Hasil UBTK (SBJU)
  6. Seleksi Mandiri Jalur Kelas Internasional (SMJKI)

Informasi pendaftaran, persyaratan pendaftaran, dan prosedur pendaftaran dapat diakses melalui https://spmb.uns.ac.id/jalur-masuk/jenjang?jenjang=s1.

PENDAFTARAN MAHASISWA ASING

Universitas Sebelas Maret juga mengundang calon mahasiswa berkewarganegaraan asing atau non Indonesia untuk menjadi mahasiswa di UNS. informasi pendaftaran, persyaratan pendaftaran, dan prosedur pendaftaran dapat diakses melalui https://spmb.uns.ac.id/berita/show?id=133