Fasilitas

Secara umum dalam setiap kerjasama yang dilaksanakan, program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS lebih berperan sebagai pelaksana melalui perannya sebagai penyedia sumber daya manusia. Hal tersebut disebabkan karena kerjasama dengan menggunakan payung MOU hanya terjadi antara pihak tertentu dengan institusi di tingkat universitas atau fakultas. Namun demikian, upaya penjaringan peluang kerjasama tetap dilaksanakan oleh program studi untuk menindak lanjuti MOU dengan MOA dan bahkan memungkinkan untuk sampai pada ranah mengusulkan kerjasama tertentu kepada fakultas data universitas. Merujuk pada sasaran mutu yang ditetapkan bersama pada tingkat jurusan, jumlah kerjasama minimal yang harus dilaksanakan oleh program studi sudah memenuhi target sasaran yang ditetapkan.

Standar sarana prasarana berupa ruang meliputi terutama, ruang dosen, ruang kuliah dan laboratorium, ruang baca, ruang aktivitas mahasiswa serta ruang publik. Secara keseluruhan ruang dosen di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS telah cukup menjamin optimalisasi privasi kerja dengan maksimal 2 dosen dalam satu ruang yang berluas minimal 2.5 X 2.5 m. Ruang tersebut telah dilengkapi dengan titik listrik, berpendingin AC berkapasitas 1 PK sebanyak 2 unit untuk satu ruang besar dan difasilitasi dengan wifi internet access dengan kekuatan sinyal yang baik. Perawatan kerapian ruang diserahkan kepada masing-masing dosen adapun untuk kebersihan ruang dilakukan oleh petugas kebersihan yang terikat kontrak dengan fakultas. Perawatan asset ruang dilakukan oleh fakultas melalui mekanisme pengusulan prodi dan jurusan secara terjadwal dan terkontrol

Ruang kuliah yang dipergunakan untuk perkuliahan di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS telah mencukupi untuk memfasilitasi perkuliahan yang berlangsung. Ruang kuliah tersebut merupakan beberapa ruang di gedung D yang secara bersama-sama digunakan oleh 4 program studi lain dalam payung jurusan PMIPA FKIP UNS. Masing-masing ruang yang ada telah difasilitasi dengan fasilitas yang memadai untuk perkuliahan misalnya LCD dan hampir seluruh ruang telah difasilitasi dengan jaringan internet nirkabel. Penjadwalan ruang secara bersama untuk 4 program studi diatur melalui www.adminjur.fkip.uns.ac.id. Kebersihan ruang perkuliahan dijaga oleh beberapa tenaga kebersihan yang terikat kontrak dengan fakultas.

Laboratorium yang dapat diakses oleh program studi Pendidikan Biologi FKIP meliputi laboratorium yang digunakan secara sharing dengan program studi/jurusan/fakultas lain yang serumpun yaitu laboratorium komputer jurusan, laboratorium komputer fakultas, laboratorium IPA sentral, laboratorium yang dimiliki secara khusus oleh program studi dan laboratorium lain di lingkungan dalam universitas. Laboratorium yang dapat diakses tersebut secara sarana dan prasaran telah dapat menunjang praktikum yang terlaksana di program studi untuk mencapai kompetensi yang ditentukan. Pengembangan laboratorium masih dilakukan, perencanaan laboratorium kultur jaringan merupakan rencana yang diusulkan untuk dianggarkan di tahun 2014, meskipun, perubahan mekanisme usulan untuk peralatan dan invetarisasi menjadi sedikit kendala bagi upaya realisasi laboratorium tersebut.

Perpustakaan dan ruang baca yang dapat diakses oleh mahasiswa program studi Pendidikan biologi UNS telah sangat memadai. Ruang baca sebagai sarana pendukung aktivitas akademik juga telah tersedia dengan kondisi ruang dan koleksi yang memadai di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Ruang baca/ruang baca klorofil digunakan secara bersama dengan laboratorium microteaching dengan luas 7 x 7 meter persegi. Ruang baca yang ada telah memiliki lebih dari 400 judul buku penunjang baik asli maupun fotokopi dan telah dilengkapi dengan fasilitas akses internet nirkabel. Dengan akses internet yang tersedia, mahasiswa dapat melakukan pencarian literatur secara online dengan memanfaatkan sumber-sumber terutama jurnal internasional yang telah dilanggan oleh universitas maupun program studi. Perpustakaan yang dapat diakses juga telah memadai dengan fasilitas ruang maupun koleksi yang dimiliki. Perpustakaan tersebut meliputi perpustakaan di fakultas dan perpustakaan di tingkat universitas.

Ruang untuk kegiatan mahasiswa untuk aktualisasi dalam organisasi telah tersedia di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Ruang tersebut digunakan sebagai ruang sekretariat himpunan mahasiswa pendidikan biologi yang disebut Biosfer (luas ruangan adalah 2.5 x 3 meter persegi). Ruangan lain untuk aktivitas mahasiswa adalah ruang publik berupa  hall dan 2 gazebo yang dapat memadai aktivitas mahasiswa di lantai I gedung D FKIP UNS. Pada setiap ruang publik tersebut akses internet dapat selalu memfasilitasi kegiatan mahasiswa yang membutuhkan.

Penataan sistem informasi telah menjadi hal yang sangat penting bagi pengelolaan institusi  program studi. Sistem informasi dapat didefinisikan sebagai kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang  yang menggunakan teknologi tersebut untuk mendukung manajemen dan proses yang terkait dan operasionalisasi manajemen yang dijalankan. Istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, data, dan teknologi terkomputerkan. Dalam pengertian tersebut, istilah sistem informasi digunakan untuk merujuk pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi dan cara berinteraksi dengan teknologi tersebut dalam mendukung kegiatan yang dijalankan.

Pemanfaatan teknologi informasi telah secara  meluas dilaksanakan oleh dosen, karyawan maupun mahasiswa di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Teknologi informasi telah dimanfaatkan dengan baik di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS untuk menunjang perkuliahan maupun untuk menunjang administrasi dalam pengelolaan akademik di program studi. Koneksi internet nirkabel yang menjangkau hampir di setiap ruangan merupakan fasilitasi untuk kegiatan akademik untuk penelusuran sumber-sumber literatur maupun perkuliahan. Pemanfaatan teknologi informasi telah dioptimalkan di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS untuk menunjang administrasi akademik. Difusi informasi di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS menyangkut informasi akademik dan seluruh kegiatan program studi yang lain terekam secara ‘lunak’ di situs www.biologi.fkip.uns.ac.id. Situs tersebut merupakan situs utama yang dikelola oleh admin di program studi Pendidikan Biologi dengan pengelolaan situs yang rutin dibiayai menggunakan dana RBA yang diusulkan. Konten pada situs tersebut berisikan informasi-informasi yang ditata dalam format laman berjalan maupun dalam format menu. Pada format menu, beberapa data penting yang bersifat ‘selalu baru’ tersedia untuk menunjang ketersediaan data terkait dengan penjaminan mutu dan akreditasi. Selain situs prodi tersebut, beberapa tautan beberapa situs  penting dapat diakses.  Beberapa data dan informasi lain tertata dalam situs-situs sebagai berikut:

  1. Terkait dengan informasi akademik, data dan informasi dapat diakses di www.siakad.uns.ac.id. Informasi akademik menyangkut nilai dan profil akademik mahasiswa terekam di laman program studi tersebut. Informasi terkait dengan pengelolaan lab dan sirkulasi dapat diakses di www.labbio.fkip.uns.ac.id (dalam proses penyempurnaan).
  2. Sistem penunjang borang akreditasi dapat diakses di www.borang.fkip.uns.ac.id. Pada situs tersebut informasi menyangkut data penunjang borang berupa aktivitas dosen penelitian dan pengabdian, data homebase dan  data alumni tersedia dengan username dan password khusus pengelola prodi.
  3. Sistem informasi akademik yang memfasilitasi terkait sk mengajar, sistem manajemen ruang dan penjadwalan mata kuliah dapat diakses di www.adminjur.fkip.uns.ac.id dengan username dan password khusus.
  4. Sistem informasi menyangkut administrasi akademik dapat diakses di www.anjungan.fkip.uns.ac.id.