“Penyusunan Desain Pembelajaran Online & RPP Satu Halaman”

Workshop Online Seri 1: Peningkatan PCK Guru di Klaten Terkait Gaming Learning & Learning Design“Penyusunan Desain Pembelajaran Online & RPP Satu Halaman”

Riset Grup Biology Education Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) yang diketuai oleh Murni Ramli, Ed. D., menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai pelaksanaan Hibah Pengabdian Grup Riset yang berjudul “Peningkatan PCK Guru di Klaten Terkait Gaming Learning & Learning Design“. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk workshop online sebanyak 4 kali. Workshop Online Seri 1 mengangkat topik “Penyusunan Desain Pembelajaran Online & RPP Satu Halaman”. Workshop dilaksanakan dengan video conference melalui apkilasi Zoom Meeting dan YouTube channel Pend Biologi FKIP UNS pada Minggu (2/8/2020). Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pelatihan kepada para guru di Klaten mengenai penyusunan desain pembelajaran online yang akan berguna di situasi saat ini serta pelatihan penyusunan RPP sederhana sesuai dengan edaran Mendikbud.

Bertindak sebagai narasumber, yaitu Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd. ( Dosen Pendidikan Biologi UNS ), Dr. Bowo Sugiharto, M.Pd. (Dosen Pendidikan Biologi UNS), bertindak sebagai moderator Kistantia Elok Mumpuni, M.Pd (Dosen Pendidikan Biologi UNS). Workshop ini diikuti oleh 75 peserta Zoom dan 45 peserta YouTube. Ruang Zoom dikhususukan bagi peserta pelatihan, yaitu guru-guru dari Kabupaten Klaten sedangkan peserta umum mengikuti webinar melalui YouTube.

Dibuka oleh Murni Ramli, dan dimoderatori oleh Kistantia Elok Mumpuni, M.Pd dosen Pendidikan Biologi UNS, Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd menyampaikan materi  Inovasi Pembelajaran Daring IPA Di Masa Pandemi Covid-19. Beliau menjelaskan perlunya inovasi pembelajaran di masa pandemi, yaitu dalam proses belajar mengajar secara online/daring. Dibutuhkan kreativitas guru untuk menciptakan ide baru desain pembelajaran sebagai produk inovasi. Pembelajaran harus dilandasi prinsip kontruktivistik, agar membantu siswa untuk membangun sendiri pengetahuannya. Konsep-konsep penting seperti Zona Aktual, Zona Potensial, ZPD, Scaffolding dan lagi yang tidak boleh ditinggalkan dalam proses sains adalah karakteristik sains yang membedakannya dengan non-sains. “Tantangan eksternal dan internal boleh berubah-ubah sesuai dengan kondisi yang dialami, contohnya tantangan yang saya alami dalam perkuliahan, yaitu tidak semua mahasiswa mampu memahami materi dan mendapatkan nilai yang diinginkan” jelasnya. Beberapa framework yang bisa dipertimbangkan untuk digunakan dalam pembelajaran daring di antaranya inkuiri, PBL, Investigasi kelompok, dll. Sedangkan platform daring yang bisa digunakan: Spada, LMS, Google Classroom, Google Meet, Google Slide, WAG, Zoom, Webex, Email dsb.

Lalu pada materi yang disampaikan oleh Dr. Bowo Sugiharto, M.Pd mengenai RPP Sederhana/ Satu Halaman. RPP ialah rencana kegiatan tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Dalam kaitannya dengan kondisi saat ini, tatap muka tidak hanya berarti bertemu secara langsung namun juga bisa dilakukan jarak jauh atau secara daring. RPP menjadi panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran dalam kelas, sebagai upaya bagi guru untuk (siswa) mencapai kompetesi dasar.  “Menyusun RPP hukumnya fardhu ‘ain, tidak bisa diwakilkan apalagi hanya beberapa yang membuat, setiap guru wajib menyusun RPP, hukumnya jelas. RPP bukanlah tugas administratif guru, tetapi adalah bagian dari tugas profesi seorang guru” jelasnya.  Prinsip yang digunakan dalam menyusun RPP sederhana adalah efisien, efektif dan berorientasi pada siswa. Workshop Online ini akan berlangsung dalam 4 Seri, yang akan dilaksanakan masing-masing pada 9, 16 dan 23 Agustus 2020. Dengan melihat antusiasme peserta yang luar biasa pada Workshop Seri 1, diharapkan seri-seri berikutnya untuk lebih ramai lagi dengan materi yang tidak kalah bermanfaatnya dengan seri sebelumnya.

Blog Attachment

Leave us a Comment