Prosedur Pengajuan Seminar Proposal, Ijin Penelitian dan Ujian Skripsi masa KLB SARS-CoV-2 di Prodi S1 Pendidikan Biologi

iki oke

Menghadapi KLB yang disebabkan oleh mewabahnya SARS-CoV-2 , untuk memperlancar proses dan pelaksanaan tugas akhir berupa pengajuan seminar proposal, ijin penelitian, dan ujian skripsi dimasa KLB, dan sesuai Surat Edaran FKIP NO. 4037/UN27.02/ AK/2020.   Maka berikut dijelaskan beberapa prosedur online untuk mahasiswa S1 Pendidikan Biologi

A. Prosedur pendaftaran Seminar Proposal  

Alur untuk mendaftar seminar proposal sebagai berikut:

  1. Mahasiswa mengunduh formulir pendaftaran semprop masa KLB di web prodi : https://sites.google.com/view/pendbiogo-online/home.
  2. Selanjutnya mahasiswa akan mendapat password untuk login di adminjur, dan mengisi data cetak form.
  3. Mempersiapkan tahap selanjutnya ke seminar proposal.

B. Mekanisme Teknis Pelaksanaan Seminar Proposal Online

  1. Seminar proposal dilaksanakan di hari kerja Senin – Jumat
  2. Menggunakan platform Video Conference seperti Google Meet, UMeetMe atau sejenisnya
  1. Peserta masuk dengan mengakses link seminar yang dibagikan

 

  1. Klik Join now untuk masuk ke seminar daring
  2. Seminar dipandu oleh Pembimbing I
  3. Pada saat presentasi berlangsung, diharapkan microphone dimatikan (ditandai dengan warna merah pada tombol mic). Sedangkan kamera boleh tetap dinyalakan atau dimatikan
  4. Seminar Proposal diikuti minimal oleh 15 mahasiswa. Peserta mengisi form presensi yang telah dibagikan berupa google form. Peserta semoinar berpakaian rapi dan sopan.
  5. BAP dan administrasi Semprop sama namun diisi secara online (diunduh di web Prodi)
  6. Seminar proposal kurang lebih 60 menit dibagi menjadi 3 sesi; a) Sesi I adalah paparan proposal skripsi oleh mahasiswa (10 menit); b) Sesi II adalah Tanya jawab dari peserta seminar; c) Sesi III adalah pertanyaan, masukan dan saran dari Pembimbing II dan Pembimbing I /
  7. Pada saat sesi tanya jawab, peserta yang ingin bertanya dapat mengajukan waktu bertanya dengan menuliskan permohonan bertanya pada kolom chat. Setelah nama peserta dipersilahkan bertanya oleh presenter, maka peserta dapat menghidupkan microphone dan kamera untuk mulai bertanya (apabila tidak memungkinkan maka pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom chat).
  8. Daftar hadir diisi oleh mahasiswa yang semprop dengan menuliskan mahasiswa yang hadir disertai bukti screenshoot GoogleMeet.
  9. Kartu seminar diisi, untuk sementara disimpan, dan setelah kondisi membaik, dikumpulkan ke meja koordinator skripsi (Dr Harlita, M.Si) untuk dimintakan ttd moderator seminar (Pembimbing 1).
  10. Apabila seminar telah selesai klik tombol leave call untuk meninggalkan konferensi.

D. Prosedur Ijin penelitian mengikuti aturan FKIP terkait perijinan online

E. Prosedur Ujian Skripsi di Masa KLB

  1. Mahasiswa mengunduh formulir pendaftaran ujian skripsi masa KLB di web prodi : https://sites.google.com/view/pendbiogo-online/home.
  2. Mahasiswa akan mendapat password, untuk log in di adminjut, untuk selanjutnya dapat mengisi data cetak form.
  3. Mahasiswa mempersiapkan  diri tahap selanjutnya ke Ujian Skripsi

F. Tatacara Ujian skripsi secara daring dengan googlemeet

  1. Mahasiswa sudah mengirim naskah skripsi kepada seluruh penguji minimal satu minggu sebelum hari ujian.
  2. Link Video Conference akan disampaikan oleh ketua penguji kepada dewan penguji dan mahasiswa.
  3. Ujian dibuka oleh Ketua Penguji.
  4. Ketua penguji mempersilakan presenter mempresentasikan materi/power pointnya, penguji dapat mematikan speakernya (mode mute) terlebih dahulu (.
  5. Mahasiswa menyampaikan hasil penelitain berupa ringkasan maksimal 15 menit.
  6. Sesi diskusi, konfirmasi dan tanya jawab oleh semua penguji, maksimal 120 menit.
  7. Setelah selesai memberikan pertanyaan, setiap penguji mengisi form penilaian di laman: https://sites.google.com/view/pendbiogo-online/home
  8. Ketua penguji mencermati rekap form penilaian dari setiap penguji dan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan hasil pengujian.
  9. Ketua penguji menutup ujian.

Demikian penjelasan ini kami sampaikan, smoga menambah kemudahan dalam kegiatan belajar mengajar. Atas kerjasamanya kami sampaikan terimakasih.

ttd
Dr Muzzazinah, M.Si

Blog Attachment

Leave us a Comment