Kuliah Umum P.Biologi UNS: “Menciptakan Mahasiswa Ecopreneurship yang Berkarakter dan Berkualitas di Era Revolusi Industri 4.0

Surakarta – 24/02/2020. Dalam rangka mengawali perkuliahan pada semester genap tahun 2020, Pendidikan Biologi FKIP UNS mengadakan kuliah umum dengan tema “Menciptakan Mahasiswa Ecopreneurship yang Berkarakter dan Berkualitas di Era Revolusi Industri 4.0”

Terdapat tiga pembicara dalam kuliah umum ini yang merupakan alumni dari Pendidikan Biologi FKIP UNS. Yang pertama adalah Dr. Sri Dwiastuti, M. Si. dengan sub tema “Menjadi Generasi yang Santun dan Berkarakter Unggul di Era Revolusi Industri 4.0”. Pembicara kedua adalah Rina Puji Astuti, S.Pd., M. Si. dari Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan Badan Riset san SDM Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan sub tema “Menjaga dan Memanfaatkan Sumber Daya Alam Kelautan dan Perikanan”, serta pembicara yang ketiga adalah Adhi Nur Cholis, S.Pd., M. Sc Direktur Utama PT. Adhiguna Jaya Laboratorium dengan sub tema “Aplikasi Biologi dalam Kewirausahaan”.

Selain materi inti, terdapat juga penampilan bakat seperti akustik dan tari Ratoe Jaroe, serta stand media pembelajaran karya mahasiswa dan wirausaha mahasiswa.

Kuliah umum ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi aktif dari angkatan 2016-2019. Diharapkan dengan adanya kuliah ini dapat meningkatkan wawasan dan afektif mahasiswa supaya lebih semangat dalam belajar dan siap menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Dalam materi etika yang disampaikan oleh Ibu Sri Dwiastuti, dijelaskan bahawa mahasiswa harus memahami tata cara ketika berinteraksi baik antar mahasiswa, kepada dosen, maupun karyawan. Etika tersebut diantaranya adalah menonaktifkan hp ketika kuliah berlangsung (tidak bermain hp sendiri), etika berbusana rapi dan sopan (dapat membedakan pakaian yang dipakai ketika main ataupun kuliah), etika lingkungan (peduli kebersihan, tidak merokok, serta hemat listrik dan air), dan etika komunikasi baik langsung maupun tidak langsung (menggunakan telepon/pesan).

Materi mengenai kewirausahaan disampaikan oleh Pak Adhi selaku direktur utama PT. Adhiguna Jaya Laboratorium yang merupakan pusat laboratorium kultur jaringan dan pembenihan kentang yang terletak di Desa Serang, Kejajar, Wonosobo . Alumni Pendidikan Biologi FKIP UNS ini menceritakan bahwa di daerah asalnya, para petani menanam bibit yang kurang berkualitas, hingga beliau mempunyai pemikiran untuk membuat benih kentang yang berkualitas. Hingga saat ini, banyak muncul penangkar-penangkar benih kentang berkualitas dengan hasil panen mencapai 30 ton/hektar.

Pak Adhi memberikan tips kepada para mahasiswa yang ingin berwirausaha dengan melihat apakah kegiatan tersebut dapat menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat, melihat potensi dan menyesuaikan kompetensi yang ada, serta segera beraksi.

Sedangkan untuk materi perawatan dan pemanfaatan sumber daya laut disampaikan oleh Ibu Rina Puji Astuti. Alumni Pendidikan Biologi UNS angkatan 2000 ini memberikan gambaran mengenai kontribusi yang bisa dilakukan sebagai mahasiswa biologi dalam menjaga dan memanfaatkan SDA laut yaitu memahami ilmu dasar biologi dan ilmu lingkungan, melakukan penelitian mengenai perikanan dan kelautan, serta dengam gerakan GEMARI (Gemar Makan Ikan). Kuliah umum ini ditutup dengan apik oleh sebuah pesan dari Ibu Rina “Belajar berbagai ilmu, belajar sekarang untuk menebar manfaat di kemudian hari.”

KLIK: FOTO DOKUMENTASI LENGKAP

Blog Attachment

Leave us a Comment