Makrab Pendidikan Biologi 2019 Metamorphosis Genesis: Solidarity in Biodiversity

Tawangmangu – Sebanyak 68 mahasiswa baru program studi Pendidikan Biologi Fakulats Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta turut meramaikan kegiatan Malam Keakraban (makrab) Pendidikan Biologi 2019 di Villa Tebar Salam,Tarukan,Plumbon,Tawangmangu (9-10/11).

Kegiatan yang mengagkat tema Metamorphosis Genesis: Solidarity in Biodiversity ini digelar sebagai bentuk pengenalan agar tercipta suasana kehidupan kampus, terutama pada prodi pendidikan biologi agar saling mengenal, mempererat rasa persaudaraan,  membentuk karakter kuat dan cerdas, serta menumbuhkan semangat keilmiahan melalui kegiatan kreatif dan edukatif.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan yang merupakan salah satu program kerja dari HMP Biosfer ini menyajikan sesuatu yang berbeda, yakni diadakannya kegiatan eksplorasi.

“Jadi, diharapkan dalam kegiatan makrab kali ini tidak hanya kegiatan fun saja. Namun, akan lebih baik apabila ada pembelajaran didalamnya. Salah satunya dengan kegiatan eksplorasi. Dengan adanya kegiatan eksplorasi diharapkan mahasiswa baru lebih mengenal dan bangga menjadi salah satu bagian dari prodi Pendidikan Biologi UNS.” tutur Ibu Dr.Muzzazinah,M.Si  dalam sambutannya ketika membuka kegiatan Makrab 2019.

Kegiatan eksplorasi ini dilaksanakan pada hari pertama dan dipandu langsung oleh Kepala Prodi Pendidikan Biologi,Ibu Dr.Muzzazinah,M.Si. Dalam kegiatan ini mahasiswa baru diarahkan untuk mengamati berbagai spesies yang ada di sekitar villa sesuai plot yang sudah dibagi oleh panitia. Selanjutnya mereka diminta untuk menggambar  spesies tersebut berupa sketch didalam buku eksplorasi. Bagian organ spesies yang bisa diambil kemudian dibuat herbarium. Jadi, dalam kegiatan ini mahasiswa baru dapat belajar cara identifikasi tanaman berdasarkan morfologi, cara menggambar sketch dengan baik dan benar, dan cara membuat herbarium kering.

Turut hadir dalam acara tersebut Ibu Herni Budiati,S.Pd.,M.Pd mewakili alumni Pendidikan Biologi yang menceritakan pengalamannya selama menjadi mahasiswa di Prodi Pendidikan Biologi dan kesuksesannya yang mengantarkan beliau menjadi salah satu guru berprestasi.

Tak hanya eksplorasi, kegiatan makrab juga diisi dengan pentas seni pada malam hari dan outbound pada hari kedua. Dalam pentas seni, peserta menunjukkan kreativitasnya dengan menampilkan  drama parodi, drama tradisional, puisi, dan lain sebagainya. Kemudian untuk tetap menanamkan nilai keagamaan pada para mahasiswa, dilaksanakanlah sholat tahajud berjamaah dan dzikir.

Kemudian pada hari kedua dilaksanakan outbound. Sebelum kegiatan outbound, peserta dan panitia melaksanakan senam pagi serta flashmob. Dalam kegiatan outbound ini kurang lebih terdapat tujuh pos permainan yang melatih kekompakan, kerjasama, dan saling percaya antar mahasiswa. Kegiatan makrab diakhiri dengan acara pembagian hadiah dan ditutup langsung oleh Ibu Nurmiyati,S.Pd,M.Si. Dalam sambutannya, beliau berpesan agar mahasiswa dapat terus menjaga kekompakan dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dalam hal ilmu pengetahuan.

DSCN9952.JPG DSCN9948.JPG WhatsApp Image 2019-11-13 at 14.32.32 WhatsApp Image 2019-11-13 at 14.32.31 WhatsApp Image 2019-11-13 at 14.32.30

Blog Attachment

Leave us a Comment