KIPRAH MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI DALAM KOMPETISI MEWUJUDKAN KAMPUS UNS RAMAH LINGKUNGAN 2018

Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS atas nama Alfan  Rifai (K4318005), Alysa Nur Chasanah Alam Majid (K4318006), Mefta Rizki Qurrat ‘Aini (K4318039), Wahyu  Nugroho (K4318065) dan  Feni Andriani  berpartisipasi pada ajang perlombaan Green Campus UNS 2018 yang bertajuk “MEWUJUDKAN KAMPUS UNS RAMAH LINGKUNGAN 2018”.

Lomba Mahasiswa tingkat Universitas diadakan oleh tim Green Campus Universitas Sebelas Maret, sebagai salah satu usaha untuk mewujudkan UNS sebagai kampus yang ramah lingkungan melalui penggalian ide maupun penerapan ilmu pengetahuan bagi permasalahan di lingkungan sekitar.

Tim Prodi Pendidikan Biologi turut berkompetisi pada 3 (tiga) kategori lomba yaitu:

  1. Karsa Cipta Lingkungan

Penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem, desain, model/ barang atau prototipe dan sejenisnya yang ramah lingkungan atau nantinya dapat digunakan untuk mewujudkan lingkungan yang ramah lingkungan.

Luaran dari kegiatan KC dapat berupa prototipe, model, desain (alat, barang, poster/ sticker bertema lingkungan), piranti lunak, atau potensi paten. Luaran pada kategori karsa cipta termasuk mengolah kembali bahan-bahan bekas menjadi bahan baru atau barang yang bernilai seni.

Pada Kategori ini Tim Prodi Pendidikan Biologi memperoleh Juara Harapan I dengan Judul produk yaitu: Champ POT

  1. Penerapan Teknologi Tepat Guna Sederhana

Penerapan konsep, prototipe, model, desain, piranti lunak, atau potensi paten yang telah ada sebelumnya untuk mengatasi permasalahan lingkungan di masyarakat.

Luaran dari kegiatan ini dapat berupa penerapan konsep, model, desain, piranti lunak, jasa, atau potensi paten yang telah ada sebelumnya. Sebagai contoh untuk kategori penerapan teknologi adalah melakukan pengomposan untuk mengatasi permasalahan sampah organik, membuat vertical garden, dan sebagainya.

Pada Kategori ini Tim Prodi Pendidikan Biologi memperoleh Juara II dengan Judul produk yaitu: Pupuk Kompos Sederhana

  1. Gagasan Tertulis

Merupakan wahana mahasiswa dalam berlatih menuliskan ide kreatif sebagai respons intelektual atas persoalan-persoalan lingkungan aktual yang dihadapi masyarakat. Ide tersebut tidak terikat bidang ilmu, harus unik, kreatif, visioner dan bermanfaat sehingga idealisasi kampus sebagai pusat solusi dapat menjadi kenyataan. Gagasan yang disampaikan tidak hanya mengungkapkan fakta sosial, namun juga harus mampu memberi atau menawarkan solusi.

Pada Kategori ini Tim Prodi Pendidikan Biologi memperoleh Juara Harapan II a.n Feni Andriani dan Juara Harapan III atas nama Mefta Rizki Qurrat ‘Aini (K4318039)

POTO GREEN CAMPUS (2)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber:

  1. Pengumuman Perlombaan Green Campus UNS 2018
  2. Pengumuman Pemenang Lomba Green Campus UNS 2018
Blog Attachment

Leave us a Comment