SEMINAR NASIONAL XV PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNS (SEMBIO XV)

Seminar Nasional Pendidikan Biologi (SEMBIO) merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret, sebagai wahana temu ilmiah dan ajang komunikasi serta sharing gagasan ilmiah yang pada muaranya adalah harapan memajukan dan mengembangkan bidang keilmuan dalam lingkup, biologi, sains, lingkungan, dan pembelajarannya di berbagai jenjang pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 04 Agustus 2018 bertempat di Aula Gedung F FKIP UNS.

Mengangkat tema besar: Biologi, Sains, Lingkungan dan pembelajarannya, memberikan gambaran pada dinamisnya pemikiran dan eksperimentasi dari berbagai ranah ilmu yang bekembang di Indonesia. Sedangkan tema spesifik SEMBIO XV adalah: Inovasi Biologi dan Pembelajarannya di Era Keterbukaan Pengetahuan. Era keterbukaan pengetahuan pada saat ini mengakibatkan perubahan yang sangat cepat di berbagai bidang, khususnya bidang biologi dan pembelajarannya. Untuk itu dibutuhkan inovasi untuk menyikapi perubahan tersebut. Erosi serta krisis jati diri dan nilai luhur pekerti bangsa yang sedang melanda negeri ini sesungguhnya dapat ditumbuh kembangkan kembali dari sains dan pembelajarannya yang dikemas dalam pendidikan secara integral. Perguruan tinggi khususnya LPTK memiliki tanggungjawab moral untuk dapat berperan mengembangkan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi secara utuh, termasuk kompetensi personal sebagai salah satu pilar pembangunan karakter bangsa.
Ranah pengembangan penelitian dan pendidikan, beragam jenis kompetensi (paedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial), kompetensi kepribadian memiliki nilai strategis yang sangat penting. Guru, dosen, Peneliti, dan calon pendidik perlu memiliki potensi kepribadian dengan cara meningkatkan dan mengembangkannya secara relevan dengan situasi dan kondisi yang semakin menunjukkan semakin derasnya arus erosi nilai-nilai luhur budaya dan jati diri bangsa.

Pada SEMBIO kali ini akan disampaikan tiga makalah utama yaitu oleh: Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP. selaku Direktur Pembelajaran Direktorat Belmawa Kemenristek Dikti, yang akan membawa tema “Tantangan dan Potensi Pengembangan Pembelajaran Daring di Indonesia”, yang pada kesempatan kali ini berhalangan hadir, dan digantikan oleh Prof. Dr.rer.nat. Sajidan., M.Si. Pembicara selanjutnya adalah Dr. Bambang Supriatno, M.Si, Universitas Pendidikan Indonesia yang berbagi ilmu tentang “Inovasi Media Pembelajaran Biologi”. Pembicara terakhir adalah Dr. Harlita, M.Si. Beliau adalah Staff Pengajar di Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret, menyampaikan materi tentang “Riset Antifertilitas: Potensi Pengembangannya di Masa Depan”.

Pemakalah yang dinyatakan lolos seleksi adalah: 203, serta peserta seminar total lebih dari 250 yang datang dari berbagai instansi dengan distribusi secara nasional antara lain:
1. Universitas Sebelas Maret
2. Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan
3. Balai Besar Penelitian dan Pemuliaan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan
4. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan, Bogor
5. IAIN Syekh Nurjati Cirebon
6. Sekolah Tinggi Pertanian JABAR
7. Universitas Ahmad Dahlan
8. Universitas Airlangga
9. Universitas Andalas
10. Universitas Bung Hatta
11. Universitas Diponegoro
12. Universitas Gadjah Mada
13. Universitas Indraprasta PGRI
14. Universitas Jember
15. Universitas Khairun
16. Universitas Kristen Duta Wacana
17. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
18. Universitas Lampung
19. Universitas Mahasaraswati Denpasar
20. Universitas Mataram
21. Universitas Muhammadiyah Buton
22. Universitas Muhammadiyah Malang
23. Universitas Muhammadiyah Purwokerto
24. Universitas Muhammadiyah Surakarta
25. Universitas Mulawarman
26. Universitas Negeri Makassar
27. Universitas Negeri Malang
28. Universitas Negeri Medan
29. Universitas Negeri Surabaya

30. Universitas Negeri Yogyakarta
31. Universitas Padjadjaran
32. Universitas Palangka Raya
33. Universitas PGRI Madiun
34. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
35. Universitas Riau
36. Universitas Riau Kepulauan
37. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
38. Universitas Tadulako
39. Universitas Tanjungpura
40. Universitas Tribhuwana Tunggadewi
41. Universitas Trisakti
42. Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
43. MI YPPI 1945 Babat
44. MTsN 9 Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan
45. SDN 1 Landasan Ulin Utara Kota Banjarbaru Prov. Kalimantan Selatan
46. SDN 1 Sungai Besar Kota Banjarbaru Prov. Kalimantan Selatan
47. SDN 1 Sungai Ulin Banjarbaru
48. SMA Negeri 1 Merlung Jambi
49. SMA Negeri 4 Barabai Kab. Hulu Sungai Tengah Prov. Kalimantan Selatan
50. SMP Al Azhar Syifa Budi Solo
51. SMP Negeri Widyakrama
52. SMPN 2 Angkinang Kab. Hulu Sungai Selatan

Berdasarkan sebaran keilmuan materi para peserta penyaji makalah dapat dikelompokkan menjadi 10 jenis terdiri dari: 1. Pembelajaran Sains Terpadu di SD dan SMP; 2. Pembelajaran Biologi di SMA; 3. Pendidikan Sains di Perguruan Tinggi; 4. Pendidikan Biologi di Perguruan Tinggi; 5. Zoologi; 6. Botani; 7. Ekologi dan Lingkungan; 8. Mikrobiologi dan Bioteknologi; 9. Genetika dan Biologi Molekuler; 10. Biologi Terapan dan Biokimia. Guna meningkatkan mutu dan kualitas seminar nasional, Pendidikan Biologi menerapkan review abstrak untuk calon pemakalah. Sebanyak 215 pendaftar dan yang dinyatakan lolos oleh tim reviewer sebanyak 203 abstrak dengan 12 abstrak yang dinyatakan tidak lolos, berdasarkan hasil review internal. Selain abstrak, fullpaper akan direview oleh tim reviewer yang melibatkan reviewer dengan kepakaran Biologi, Sains, Lingkungan, IPA, dan Pendidikan Biologi dari berbagai universitas di Indonesia secara blind review. Fullpaper akan diseleksi, dan yang terpilih akan diterbitkan dalam berbagai jurnal nasional Terakreditasi dan Jurnal Nasional Ber-ISSN yang sudah Online Journal System (OJS). Sembio XV menerapkan sistem baru berbasis Informasi dan Teknologi (IT) dalam proses registrasi dan publikasi. Budaya IT diharapkan mampu menunjang program GO Green Campus di UNS, menghadapi kompetisi di era MEA, serta memenuhi tuntutan era digital dan era keterbukaan pengetahuan yang semakin maju. Fullpaper yang telah dipresentasikan akan dipublikasikan secara online dalam Proceeding Biology Conference (Online Journal System /OJS) yang Ber-ISSN dan terindeks Google Scholar, Portal Garuda, IPI, dan Academia.

IMG-20180805-WA0030 IMG-20180804-WA0037IMG-20180804-WA0038IMG-20180804-WA0017 IMG-20180804-WA0044IMG-20180804-WA0031IMG-20180804-WA0013 IMG-20180804-WA0012

Blog Attachment

Leave us a Comment