BIOLOGY COMPETITION DAN WORKSHOP GURU 2017

Surakarta – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS (BIOSFER) kembali mengadakan acara Biology Competition dan Workshop Guru 2017 tingkat SMP dan SMA Se-Jateng dan DIY dengan mengangkat tema besar BIOLOGI MENGGEMA, Mengaktualisasi Semangat Generasi Muda”. Acara diselenggarakan pada hari Sabtu, 26 Agustus 2017 dan bertempat di Aula Gedung A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kegiatan ini meliputi 2 rangkaian acara yang dilaksanakan sekaligus. Acara pertama mengenai perlombaan Biology Competition tingkat SMP/Mts dan SMA/MA Se-Jateng dan DIY yang diikuti oleh para siswa/i SMP/Mts dan SMA/MA Se-Jateng dan DIY. Acara yang kedua mengenai Workshop Guru 2017 yang bertema “Strategi Penulisan Artikel Menembus Publikasi” Kegiatan workshop mayoritas diikuti oleh bapak/ibu guru pendamping dari SMP/Mts dan SMA/MA Se-Jateng dan DIY serta diikuti oleh beberapa mahasiswa S2 dan S1 tingkat akhir. Workshop ini dipandu oleh pembicara Bapak Dr. Baskoro Adi Prayitno, S.Pd., M.Pd.

Perlombaan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelajar SMP dan SMA dalam mempelajari ilmu biologi secara lebih mendalam serta meningkatkan kompetensi pelajar mengenai ilmu biologi melalui kompetisi. Sedangkan, kegiatan workshop guru bertujuan untuk menambah wawasan bagi bapak/ibu guru pendamping khususnya mengenai penulisan artikel yang baik sehingga bisa dipublikasikan.

Bentuk kegiatan Olimpiade Biology dalam BIOLOGY COMPETITION terbagi menjadi tiga tahap yaitu tes tertulis, tes praktikum dan cerdas cermat. Perlombaan ini diikuti oleh perseorangan, di mana pada tahap tes tertulis akan diambil 10 peserta yang mendapatkan nilai tertinggi. 10 peserta dengan nilai tertinggi akan mengikuti babak kedua, yaitu tes praktikum dan akan diambil 3 peserta dengan nilai tertinggi untuk masuk ke dalam babak cerdas cermat serta 2 peserta dengan nilai tertinggi ke 4 dan 5 untuk menjadi pemenang juara Harapan I dan Harapan II. Pemenang lomba Biology Competiton Juara I, II, dan III akan mendapatkan trophy, uang pembinaan, piagam penghargaan, sedangkan pemenang Juara Harapan I dan II akan mendapatkan trophy dan piagam perhargaan.

Berikut merupakan hasil dari Biology Competition 2017 :

Tingkat SMP :

Juara I      : Ariston Tristan Brysmana – SMPN 8 Yogyakarta

Juara II    : Naufal Ahmad Fauzy – SMP Baitul Qur’an

Juara III  : Danika Falahul Izzah – MTsN 1 Surakarta

Juara Harapan I : Vincentius Roger Kuswara – SMP Kalam Kudus Surakarta

Juara Harapan II: Aurelia Azuwanda – Mts Assalam

 

Tingkat SMA :

Juara I                         : Ghazy Wira Pradipta – SMAN 1 Surakarta

Juara II                        : Naufal Ammar Amaanullah – SMAN 1 Sragen

Juara III                      : Mekar Anggun Permatasari – SMAN 1 Baturetno

Juara Harapan I        : Lita Nuraiziah – SMA IT Ihsanul Fikri Magelang

Juara Harapan II       : Afanin Syifa Buana – SMA ABBS

Slide1 Slide2 Slide3

Blog Attachment

Leave us a Comment