PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNS SUKSES MENGGELAR OLIMPIADE BIOLOGI

Surakarta (27/8) – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), BIOSFER, kembali mengadakan kegiatan Biology Competition (Olimpiade Biologi, red) tingkat Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk siswa SMP/MTs dan SMA/MA. Kegiatan BIOSFER yang diselenggarakan hari Sabtu, 27 Agustus 2016 mengangkat tema besar BIOLOGI BERDETAK, Berkompetisi Demi Tantangan Kelak”. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelajar SMP/MTs dan SMA/MA dalam ilmu biologi untuk mempelajari lebih mendalam dan prospek cerahnya di masa depan serta meningkatkan kompetensi pelajar mengenai ilmu biologi melalui kompetisi. Kegiatan yang diselenggarakan di FKIP UNS ini diikuti oleh 61 pelajar SMA/MA dan 50 pelajar SMP/MTs dari sekolah negeri maupun swasta di Jawa Tengah dan DIY. Setiap peserta harus melewati tiga tahapan untuk menjadi juara. Tahapan pertama adalah tes tertulis, peserta yang masuk 10 besar akan mengikuti tahap kedua berupa praktikum. Tiga peserta yang lolos tahap kedua akan mengikuti lomba cerdas cermat untuk menentukan juara I, II, dan III. Bagi para juara akan mendapatkan trophy, uang pembinaan dan piagam penghargaan. Berikut adalah para juara Biology Competition 2016:

Tingkat SMPIMG-20160827-WA0043

Juara I             : Shallom Gita Maharani – SMP Bintang Laut Surakarta

Juara II            : Leonardus Hans Sebastian – SMP Bintang Laut Surakarta

Juara III          : Rifkanisa Nur Faiza – SMP N 8 Yogyakarta

Tingkat SMA Picture2

Juara I             : Handika Putra Prihandoyo – SMAN SBBS

Juara II            : Shabrina Dewi Fista – SMA N 1 Wonogiri

Juara III          : Hilmy Atha Sitepu – SMA N 4 Surakarta

Rangkaian acara olimpiade biologi ini adalah Workshop yang diikuti oleh Bapak/Ibu Guru yang mendampingi siswa/siswinya mengikuti Olimpiade Biologi. Selain Bapak/Ibu guru pendamping, workshop juga diikuti oleh mahasiswa UNS maupun luar UNS.  Workshop yang berlangsung di Aula Gedung A FKIP UNS ini mengambil tema “Classroom Action Reseach atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK)”. Workshop yang dihadiri 88 orang peserta ini dipandu oleh pembicara Ibu Murni Ramli, SP, M.Si, Ed.D., dosen Pendidikan Biologi UNS, lulusan Nagoya University, Japan Workshop PTK ini membahas tentang:

  1. Paparan PTK secara konsep, pengertian, tujuan, dan pelaksanaan yang benar
  1. Workshop membuat Action Reseach
  1. Setiap Kelompok Mempresentasikan Action Researchnya

Picture10 Picture5Picture4

Dalam workshop ini terlihat antusiasme dari para peserta karena tema yang diangkat cukup sesuai dan dibutuhkan oleh Bapak/Ibu Guru dan mahasiswa terutama mahasiswa FKIP semester atas yang akan menyusun skripsi.

Rangkaian acara yang dikomandani Binti Qoeroti ini terlaksana dengan baik dan sukses, dan semoga dapat terselenggara lebih baik lagi di tahun depan.

(AL & BIOSFER / Foto: BIOSFER / biosfer.fkip.uns.ac.id)

Blog Attachment

Leave us a Comment