SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BIOLOGI X

Progam Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS berencana mengadakan seminar nasional yang ke-10. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada tanggal 6 Juli 2013 bertempat di gedung F (gedung ungu) FKIP UNS. Kegiatan ilmiah yang bertema “Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya” tersebut merupakan kegiatan akademik yang menjadi agenda rutin tahunan Prodi Pendidikan Biologi. Semnas yang juga akan liput secara live oleh Semar TV itu akan disiarkan melalui Live Streaming yang dapat disaksikan secara langsung dari seluruh dunia  melalui kanal streaming www.semar.tv atau http://semartv.fkip.uns.ac.id.

Kegiatan akademis sebagai ajang bertukar informasi ilmiah itu akan dihadiri sekitar 200-an pemakalah dan penyaji poster dari kalangan akademisi dan peneliti sesuai dengan tema yang diusung dari seluruh Indonesia. Selain itu, antusiasme peserta yang berasal dari mahasiswa sarjana, mahasiswa pascasarjana, dosen, guru, dan lain-lain juga tak kalah tingginya yang terbukti sudah ratusan peserta biasa (bukan pemakalah dan bukan penyaji poster) yang sudah mendaftar untuk hadir pada acara tersebut. Baik pemakalah, penyaji poster, maupun peserta biasa dapat mendaftarkan diri secara on line melalui oficial web site semnas di http://sembio.fkip.uns.ac.id. Pada kegiatan ini, Prodi Pendidikan Biologi berencana menghadirkan pembicara yang kompeten di bidangnya antara lain 1) Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso,M.Sc.,  Dirjend Dikti yang akan mengusung tema “Kebijakan dan Strategi Pengembangan LPTK, Pencetak Pendidik Biologi/Sains Berkualitas”, 2) Dr. Agung Purwanto, BAN PT DIKTI Kemendikbud RI yang akan mengusung tema “Strategi Akreditasi Prodi dalam Rangka Menjamin Kualitas Pendidikan Guru”, 3) Prof. Dr. Retno Sunarminingsih, M.Sc. Apt, mantan PR I UGM, Penggagas Education for Sustainable Development /EFSD yang akan mengusung tema “Education for Sustainable Development”, serta tak kalah menariknya adalah 4) Dr. Sri Widoretno, M.Si., Dosen Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS, yang akan mengusung tema “Rekonstruksi Strategi Pembelajaran Biologi Pada Kurikulum 2013”. Acara tersebut akan dimoderatori oleh Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si. serta Dr. Maridi, M.Pd.

Selain kegiatan seminar, kegiatan tersebut juga akan dirangkai dengan inisiasi pembentukan Asosiasi Profesi Pendidik dan Peneliti Biologi Indodesia. Ajang ini harapannya dapat menginisiasi lahirnya wadah baru bagi kalangan pendidik dan peneliti Biologi yang ada di Indonesia untuk meningkatkan kinerja akademik dan penelitian pada Bidang Biologi. Ikatan atau asosiasi profesi ini diharapkan mampu mengoptimalkan peran pendidik dan peneliti dalam menyumbangkan ide dan kiprahnya untuk memajukan negeri tercinta, Indonesia.

Leave us a Comment