KULIAH UMUM MINA HATTORI, Ph.D

Atas budi baik Dr. Ed Murni Ramli, tamu dari Nagoya University di Jepang dapat diampirkan ke Pendidikan Biologi FKIP UNS. Mina Hattori, Ph.D, beliau adalah peneliti kurikulum di Nagoya University. Beliau tertarik dengan kurikulum di Indonesia pada umumnya dan kurikulum di pesantren pada khususnya. Pendidikan dipandang sebagai sistem pencetak karakter bangsa lebih dari sekedar kemajuan bangsa secara IPTEK, dalam sistem tersebut kurikulum merupakan ruh yang sangat esensial. Menurut Mina Hattori, Ph.D, kurikulum pendidikan di Jepang telah berhasil mentransformasikan Jepang sebagai salah satu negara terdepan dalam IPTEK. Namun demikian kurangnya pembangunan karakter afektif vertikal melalui kurikulum dan sistem pendidikan telah menyebabkan orientasi sekuler yang sangat tinggi, tingkat depresi yang tinggi dan angka bunuh diri yang secara signifikan berkorelasi. Pelajaran yang sangat berharga bagi sistem pendidikan kita, bahwa orientasi pendidikan pada hasil kognitif dan penguasaan IPTEK semata telah gagal membentuk manusia seutuhnya, yaitu manusia yang cerdas, berakhlak dan bertakwa kepada Allah SWT. Orientasi pada proses pendidikan yang baik adalah katalis bagi pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.

Orientasi diri pada proses adalah sebabnya maju
Orientasi diri pada hasil adalah sebabnya berhenti

Menginginkan proses adalah dinamis
Menginginkan hasil adalah statis

Proses mendatangkan kesyukuran
Hasil sering mendatangkan kekecewaan

Dengan berproses kita mendapat nilai yang bermakna ‘value’ atau keterpatrian
Dengan mengharap hasil kita hanya mendapat nilai yang bermakna ‘mark’ atau tanda

Dengan proses anda sedang memberi makna sebuah usaha
Dengan melihat hasil anda sedang memberi makna sebuah kemalasan

Mengutamakan proses lebih mendatangkan manfaat
Mengutamakan hasil sering berujung madharat

Belajarlah untuk berproses dan melakukannya sebaik mungkin dan merasalah puas dengan proses…Insya 4JJ, Dia Maha Memberi.
Dan bukankah yang wajib adalah berproses (berusaha)?…meskipun sering kita kecewa dengan ‘hasil’ hendaknya selalu ingat bahwa 4JJ lebih tahu yang terbaik buat kita.

Blog Attachment

Leave us a Comment