Seleksi Calon Atase Pendidikan dan Kebudayaan

Dalam rangka mempersiapkan calon pengganti Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) pada KBRI Den Haag, Cairo, Riyadh dan Canberra yang akan berakhir masa baktinya pada akhir tahun 2012 dan awal tahun 2013, Kemdikbud membuka kesempatan bagi dosen PNS yang berminat mengembangkan wawasan di bidang kejasama pendidikan dan kebudayaan serta memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi. Berkenaan dengan hal tersebut, ada ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi sebagai berikut.

  1. Persyaratan Umum
    1. Pendidikan minimal magister dari program studi yang terakreditasi Ditjen Dikti Kemdiknas
    2. Pangkat serendah-rendahnya Pembina, golongan ruang IV/a
    3. Sehat jasmani dan rohani
    4. Berkedudukan sebagai pejabat struktural minimal esselon IV/a atau pejabat fungsional tertentu yang setara (misal dosen dalam jabatan Lektor Kepala). Khusus PNS dipekerjakan pada Kopertis harus berstatus dosen PNS
    5. Memiliki pemahaman tentang visi, misi, dan rencana strategis pendidikan dan kebudayaan
    6. Diutamakan memiliki pengalaman pengelolaan administrasi keuangan
    7. Usia setinggi-tingginya 51 tahun
    8. DP3 2 tahun terakhir rata-rata bernilai baik, dengan unsur prestasi kerja amat baik
    9. Aktif berbahasa Inggris lisan dan tulis yang ditunjukkan dengan skor TOEFL internasional/nasional 550 atau IELTS 6
  2. Persyaratan Khusus
    1. Memiliki wawasan dan pengetahuan yang memadai tentang negara, sistem pemerintahan, dan kultur budaya negara akreditasi (negara tempat bertugas)
    2. Memiliki pemahaman tentang visi, misi, dan program kerja Kantor Perwakilan RI di luar negeri termasuk yang menjadi tugas pokoknya di bidang kerjasama pendidikan dan kebudayaan
    3. Mampu mengoperasikan saran teknologi informasi dan komunikasi dengan baik
    4. Aktif berbahasa Arab bagi peminat seleksi Atdikbud pada KBRI di Riyadh dan Cairo
  3. Bagi PNS yang memenuhi persyaratan umum dan khusus akan mengikuti seleksi yaitu tes kepribadian (tertulis) dan tes kompetensi (presentasi dan wawancara). Jadwal selesksi direncanakan pada tanggal 22 dan 23 Juni di Jakarta. Informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut akan diinformasikan kemudian. Untuk biaya akomodasi dan konsumsi peserta selama mengikuti seleksi ditanggung oleh panitia penyelenggara. Biaya perjalanan dari daerah masing-masing ke Jakarta (pergi-pulang) ditanggung oleh unit kerja masing-masing.
  4. Seleksi Atdikbud tahun 2009, 2010, dan 2011 dan dinyatakan lolos seleksi, apabila masih berminat dan mendapat tugas dari pimpinan unit kerjanya dapat mengikuti seleksi tahap II yaitu wawancara.
  5. Pengajuan usul disampaikan oleh pimpinan unit kerja kepada Sekretaris Jenderal Kementerian dan Kebudayaan u.p. Kepala Biro Kepegawaian Gedung C Lantai 5, Senayan, Jakarta Pusat atau melalui email ropegmjf@kemdikbud.go.id, selambat-lambatnya pada tanggal 25 Mei 2012 dengan melampirkan:
    1. Surat permohonan yang bersangkutan ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan tembusan kepada Pimpinan unit kerja yang bersangkutan
    2. Surat rekomendasi dari pimpinan unit kerja yang bersangkutan
    3. Riwayat hidup memuat informasi pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman pekerjaan/jabatan (menejerial dan/atau akademik)/organisasi, pengalaman di bidang pengelolaan kerjasama, dan kemampuan bahasa asing
    4. Copy ijazah pendidikan formal tertinggi
    5. Copy SK kenaikan pangkat dan jabatan terakhir
    6. Copy sertifikat TOEFL internasional/nasional atau IELTS
    7. Surat keterangan dokter yang menyatakan sehat jasmani dan rohani

1. Persyaratan Umum

a. Pendidikan minimal magister dari program studi yang terakreditasi Ditjen Dikti Kemdiknas

b. Pangkat serendah-rendahnya Pembina, golongan ruang IV/a

c. Sehat jasmani dan rohani

d. Berkedudukan sebagai pejabat struktural minimal esselon IV/a atau pejabat fungsional tertentu yang setara (misal dosen dalam jabatan Lektor Kepala). Khusus PNS dipekerjakan pada Kopertis harus berstatus dosen PNS

e. Memiliki pemahaman tentang visi, misi, dan rencana strategis pendidikan dan kebudayaan

f. Diutamakan memiliki pengalaman pengelolaan administrasi keuangan

g. Usia setinggi-tingginya 51 tahun

h. DP3 2 tahun terakhir rata-rata bernilai baik, dengan unsur prestasi kerja amat baik

i. Aktif berbahasa Inggris lisan dan tulis yang ditunjukkan dengan skor TOEFL internasional/nasional 550 atau IELTS 6

2. Persyaratan Khusus

a. Memiliki wawasan dan pengetahuan yang memadai tentang negara, sistem pemerintahan, dan kultur budaya negara akreditasi (negara tempat bertugas)

b. Memiliki pemahaman tentang visi, misi, dan program kerja Kantor Perwakilan RI di luar negeri termasuk yang menjadi tugas pokoknya di bidang kerjasama pendidikan dan kebudayaan

c. Mampu mengoperasikan saran teknologi informasi dan komunikasi dengan baik

d. Aktif berbahasa Arab bagi peminat seleksi Atdikbud pada KBRI di Riyadh dan Cairo

3. Bagi PNS yang memenuhi persyaratan umum dan khusus akan mengikuti seleksi yaitu tes kepribadian (tertulis) dan tes kompetensi (presentasi dan wawancara). Jadwal selesksi direncanakan pada tanggal 22 dan 23 Juni di Jakarta. Informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut akan diinformasikan kemudian.

Untuk biaya akomodasi dan konsumsi peserta selama mengikuti seleksi ditanggung oleh panitia penyelenggara. Biaya perjalanan dari daerah masing-masing ke Jakarta (pergi-pulang) ditanggung oleh unit kerja masing-masing.

4. Seleksi Atdikbud tahun 2009, 2010, dan 2011 dan dinyatakan lolos seleksi, apabila masih berminat dan mendapat tugas dari pimpinan unit kerjanya dapat mengikuti seleksi tahap II yaitu wawancara.

5. Pengajuan usul disampaikan oleh pimpinan unit kerja kepada Sekretaris Jenderal Kementerian dan Kebudayaan u.p. Kepala Biro Kepegawaian Gedung C Lantai 5, Senayan, Jakarta Pusat atau melalui email ropegmjf@kemdikbud.go.id, selambat-lambatnya pada tanggal 25 Mei 2012 dengan melampirkan:

a. Surat permohonan yang bersangkutan ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan tembusan kepada Pimpinan unit kerja yang bersangkutan

b. Surat rekomendasi dari pimpinan unit kerja yang bersangkutan

c. Riwayat hidup memuat informasi pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman pekerjaan/jabatan (menejerial dan/atau akademik)/organisasi, pengalaman di bidang pengelolaan kerjasama, dan kemampuan bahasa asing

d. Copy ijazah pendidikan formal tertinggi

e. Copy SK kenaikan pangkat dan jabatan terakhir

f. Copy sertifikat TOEFL internasional/nasional atau IELTS

g. Surat keterangan dokter yang menyatakan sehat jasmani dan rohani

Leave us a Comment