KARAKTER DAN ENTERPRENER

….CHARACTER can be defined as the aggregate of features and traits that form the individual nature of some person or thing. Can also be defined as one such feature or trait; characteristic. CHARACTER is related to moral or ethical quality: a man of fine, honorable character. It can also be related to qualities of honesty, courage, or the like; integrity….

Di atas adalah definisi karakter yang dapat diketemukan di kamus.  Pada satu sisi karakter akan berhubungan dengan nilai-nilai agama, sehingga seseorang yang berkarakter kuat akan identik dengan derajat kesalehan seseorang. Pada sisi yang lain karakter akan berhubungan dengan moral dan etika sehingga sosok berkarakter adalah sosok yang memiliki ‘property’ berupa nilai-nilai luhur yang berkembang di masyarakat. Sehingga seseorang dikatakan berkarakter akan mempunyai gambaran yang tidak jauh dari gambar orang  yang shaleh dan membawa akhlak (budi pekerti) yang baik.

Dimensi KARAKTER meluas dari sekedar yang disebutkan di atas tadi. ‘Courage’ dapat bermakna berani, kreatif, pantang menyerah, dinamis dalam berpikir logis sistematis terkait dengan survivalitas, terminologi yang sangat bersesuaian dengan semangat dan etos untuk bekerja dan mandiri yang bernama ‘enterpreneurship’, yang sering dimaknai secara sempit sebagai ‘berdagang’.

Berdagang pada arti sempit hanya jual beli yang mungkin tanpa jiwa. Tapi berdagang dalam definisi yang dalam akan sangat sesuai dengan enterprenership. Berdagang jelas bukan hanya aktivitas kulakan dan menjual dengan mengambil marjin yang bernama ‘keuntungan’.  Berdagang perlu keberanian, kreativitas, semangat, etos kerja dan senada dengan yang disebut sebagai ‘dimensi courage’ dalam apa yang disebut KARAKTER. Berdagang adalah manifestasi keinginan ‘mandiri’ kita untuk bekerja keras dan tidak mau bergantung pada orang lain. Berdagang melatih jiwa survival.

Mari kita pupuk jiwa enterprener pada diri kita. Menjadi santun dan berakhlak adalah utama, tapi terpupuknya jiwa enterprener adalah nilai tambah…Mari memupuk karakter dengan ber-ENTERPRENER

A Salute to Dhora VRC, Sari Domar, Mufydah Palka, Milyarda (SBI 2010) and others

Blog Attachment

Leave us a Comment